4 Fasilitas Umum Ramah Penyandang Disabilitas Yang Wajib Disediakan

Kerap sekali kita melihat minimnya fasilitas bagi para penyandang disabilitas. Bahkan, beberapa kota besar, tempat wisata, maupun lokasi penting lainnya membiarkan ketidakadaan fasilitas yang riskan ini https://www.kompasiana.com/mawan.sidarta/5bf80fd9677ffb17915bdc34/penyandang-disabilitas-bisa-menjadi-aset-berharga-bagi-perusahaan?page=all.

Mungkin saja fasilitas tersebut dianggap sebelah mata oleh banyak orang. Akan tetapi, bagi para penyandang disabilitas, fasilitas sekecil apapun bagi mereka sangatlah bermanfaat. Hal ni bisa mempermudah mereka dalam bergerak, menjelajah, dan melakukan banyak hal lainnya.

Jalur Pedestrian Ramah Penyandang Disabilitas
Kita mungkin pernah melihat adanya trotoar atau jalan pedestrian yang menyediakan jalur khusus bagi para penyandang disabilitas. Jalur tersebut dibuat untuk memudahkan para pengguna jalan trotoar bagi kalangan yang biasanya memiliki tanda khusus. Jalur tersebut juga bisa dilalui para pengguna kursi roda maupun tongkat yang aman.

Jalur ini biasanya dibangun dengan beberapa kelengkapan seperti adanya lantai pemandu. Selain itu juga terdapat jembatan penyeberangan yang ramah bagi penyandang disabilitas, termasuk jarak berhenti sebelum zebra cross yang tidak dekat sehingga aman bagi mereka ketika melewatinya secara pelan-pelan.

Transportasi Umum Yang Ramah Penyandang Disabilitas
Kebutuhan akan transportasi tidak hanya untuk orang-orang biasa tetapi juga bagi semua masyarakat termasuk penyandang disabilitas. Perlu adanya jalur yang aman dan datar untuk bisa mengakses halte bus, stasiun, maupun terminal bus bagi para penyandang.

Adanya Lift Di Gedung Umum
Lift memang sering kita temui, namun lift yang digunakan khusus bagi para penyandang disabilitas masih sangat jarang. Padahal, lift sangat bermanfaat untuk membantu kelancaran para penyandang disabilitas mencapai lantai atas.

Adapun kriteria lift yang ramah untuk mereka memiliki pegangan atau railing khusus yang bisa mencegah berbagai kemungkinan terburuk. Begitupun dengan penempatan tombol lift yang mudah dijangkau ketika menggunakan kursi roda. Selain itu juga diperlukan media audio atau tulisan khusus yang mempermudah para penyandang disabilitas mengakses tombol tersebut.

Factor Keamanan
Adanya faktor keamanan bagi para penyandang disabilitas akan sangat membantu. Pada dasarnya mereka memiliki keterbatasan perihal perlindungan diri atau menghindari dari berbagai kemungkinan. Dengan adanya fasilitas umum yang ramah bagi para penyandang disabilitas, akan sedikit memberi rasa lega. Setidaknya mereka bisa menemukan peralatan untuk mengamankan diri mereka atau mempermudah meminta bantuan.

Dari keempat hal tersebut minimalnya setiap kota bisa menyediakan terutama bagi kota-kota besar. Kita percaya bahwa para penyandang disabilitas bukanlah orang-orang yang lemah, akan tetapi, kita juga wajib memberikan berbagai kemudahan bagi mereka untuk melakukan aktivitasnya dengan mudah, aman, dan menyeluruh.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *