5 Sektor Yang Dapat Diuntungkan Dengan Memasang MangoeSky di Daerah Rural

Kantor instansi pemerintahan maupun pemilik usaha di daerah rural seringkali menghadapi masalah dalam mengakses internet. Hal ini disebabkan karena di wilayahnya belum terpasang infrastruktur layanan internet yang menggunakan kabel ADSL, fiber optic, maupun mobile berkecepatan tinggi https://www.mangoesky.com. Konsekuensinya, kantor instansi pemerintahan belum bisa memberikan layanan berbasis elektronik dan pemilik usaha belum bisa berkembang secara maksimal dengan menggunakan bantuan internet. Maka dari itu, internet rural yang disediakan oleh MangoeSky dapat menjadi penting untuk berbagai sektor.

Ini 5 sektor yang dapat diuntungkan dengan memasang layanan MangoeSky di daerah rural.

1. Pemerintahan
Sektor pemerintahan dapat diuntungkan dari segi internal maupun eksternal. Dari segi internal, para pegawai dapat lebih cepat menyampaikan laporan keuangan. Rencana kerja juga akan lebih cepat disampaikan melalui internet yang tersedia di desa. Untuk eksternal, instansi pemerintah dapat mengembangkan fasilitas pelayanan berbasis elektronik untuk mempermudah layanan pengguna jasa.

2. Keuangan mikro
Penduduk perkotaan tentu sudah sangat familiar dengan transaksi keuangan yang berbasis online. Ini perlu diperkenalkan ke daerah pedesaan misalnya untuk bank perkreditan rakyat dan transaksi keuangan online untuk mempermudah warga desa, misalnya dalam meminjam modal usaha atau dalam proses jual-beli produk potensi desa.

3. Ritel
Tidak hanya di kota besar, model ritel atau minimarket juga sudah mulai menjamur di daerah pedesaan. Baik yang merupakan cabang ritel besar maupun yang dirintis sendiri oleh warga setempat. Pemilik ritel dapat memanfaatkan internet rural yang disediakan MangoeSky untuk mendukung tersedianya layanan transaksi online di ritel tersebut. Pengaplikasiannya mungkin bisa dengan membuat aplikasi khusus yang bisa digunakan untuk mengecek ketersediaan produk dan mengantarkan barang tersebut.

4. Usaha Kecil dan Menengah (UKM)
Internet rural dapat dimanfaatkan untuk memaksimalkan penjualan dan pemasaran produk yang diproduksi oleh warga desa. Setelah packaging yang rapi, produk dapat dijual di berbagai media e-commerce seperti Tokopedia atau Bukalapak. Selain itu, akses pada media e-commerce juga penting untuk mencari bahan produksi yang mungkin sulit dicari di wilayah pedesaan.

5. Pendidikan
Sumber ilmu pengetahuan di era globalisasi ini tidak hanya sekadar dari buku dan guru. Internet memiliki andil yang sangat besar dalam proses belajar-mengajar di era sekarang ini. Sayangnya, keistimewaan tersebut belum banyak dinikmati oleh siswa di pedesaan. Dengan adanya internet rural, siswa dapat melakukan kegiatan belajar online serta mengikuti ujian berbasis komputer seperti siswa di kota.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *